Cara Belajar dan Menghafal dalam 15 menit

Source: www.Pixabay.com
Dijaman sekarang ini banyak pelajar yang sulit menghafal dan belajar karena malas. Sebagian dari mereka lebih memilih bermain gadget, yoi ngak bro?? Malas dikarenakan mereka tidak suka mata pelajarannya dan materinya banyak sehingga harus banyak menghafal dan membaca.

Sebenarnya kalian itu tidaklah malas dan bodoh, tapi salah dalam strategi belajar.


Pasti paling malas menghafal pelajaran IPS (terutama sejarah), PKN, IPA(biologi),dll karena harus membaca buku dan menghafal tulisan yang mungkin bagi kalian tidak penting.

Menurut admin itu manusiawi bro, ane juga begitu.

Mungkin ada temen kalian yang pintar dan belajar 1-2 jam atau bahkan lebih dan sampai larut malam untuk mendapat nilai maksimal. Menurut admin mereka kurang efektif bro, karena tidak membaca artikel ini.


Kalian juga bisa dapet nilai maksimal dengan waktu yang lebih efektif, kalau bisa lebih cepatkan lebih baik. Sisa waktu bisa digunakan untuk kegiatan lainnya.


Jadi intinya Belajar tidak perlu waktu lama.

Cara yang admin berikan ini bisa dilakukan dengan tiduran, main hp, mandi, makan, nonton tv, main komputer bahkan mungkin main game. Gimana bro?

Admin yakin kalian malas belajar karena hal diatas, supaya tidak males, mending digabung aja biar bisa belajar nge-game sekaligus belajar pelajaran. E

mang bisa?? Simak bro caranya

1. Membuat Rangkuman Suara
Source: www.Pixabay.com

Sebagian besar orang, bukan hanya pelajar tidak suka membaca tulisan yang terlalu banyak, apalagi tidak ada gambarnya.


Hal ini yang membuat pelajar malas bahkan dengan membaca berulang-ulang malah bikin pusing dan akibatnya belajar bisa sampai 3 jam, yoi ngak bro?

Cara ini cukup efektif, hanya saja kelemahannya membutuhkan hp/ alat yang bisa merekam suara, tapi admin yakin hampir semuanya punya hp.


Kenapa cara ini admin bilang efektif? Karena semakin sering kita mendengar pasti cepat hafal.


Faktanya beberapa dari kalian pasti hafal lagu Mars Perind*, Lagu iklan Bukalapa*, dan hafal lagu kesukaan kalian. Selain karena iklan/lagunya bagus, tapi juga karena sering kita dengar.

Caranya mudah, gini :
Ini contoh rekaman adik admin 

  1. Hal pertama kalian harus buat poin-poin penting/ rangkuman/ide pokok suatu pelajaran. Kenapa? Supaya belajarnya lebih ringkas, jadi intinya belajar itu bukan menghafal menurut admin, tapi mengerti pokok-pokok bahasan.
  2. Setelah itu baru kalian merekam suara kalian dengan membaca pokok-pokok yang kalian buat, biasanya banyak dari pelajar males membaca, makannya dengan merekam inti pelajaran kalian bisa belajar sambil tiduran. Bahkan, sambil chattingan sama doi juga bisa. yoi ngk bro ??
  3. Lakukan hal ini sampai 15 menit( Efektif tanpa melakukan apapun). Hal ini bisa dilakukan sekitar 15 menit tanpa melakukan apapun. Tapi kalau kalian masih males dan ingin sambil chattingan, mending dengerin rangkuman itu setiap hari minimal 2 kali, lama kelamaan pasti hafal.
2. Menempel Rangkuman di Tempat Yang Paling Sering di Tempati









Biasanya malas belajar dikarenakan malas membuka buku dan mengambil buku. Oleh karena itu daripada membuka buku yang tidak ada rangkumannya dan harus mengambil di rak terlebih dahulu, mending buat rangkuman trus ditempel di dekat tempat tidur/dekat tv atau mungkin ruang makan. Jadi bisa belajar sambil tiduran/nonton tv/dan makan. Tapi perhatikan jaraknya ya bro, soalnya kalau jaraknya terlalu dekat bisa merusak mata.

Previous
Next Post »
0 Komentar