Rangkuman materi sepakbola

SEPAKBOLA
Source : www.Juventus.com
Hai teman-teman yang dikasihi Tuhan. Kali ini kami akan memberikan rangkuman sepakbola. tentu permainan ini sudah tidak asing lagi bagi kalian. Tapi sayang, masih banyak orang yang belum mengenal lebih jauh tentang bola, berikut ini rangkumannya.

Note: kata-kata yang di blok dengan warna kuning merupakan cara dari kami untuk memudahkan kalian mencari pokok-pokok pembelajaran
  
A. Sejarah

Source : www.Pinterest.com

Sepakbola mulai dimainkan pada abad ke-2 dan ke-3 di tiongkok. Permainan sepakbola juga sudah mulai dimainkan di Jepang dengan nama "Kemari". Walaupun pertamakali dikenal di tiongkok, tapi sepakbola modern dimulai di negara Inggris.

Permainan ini dimainkan 11 orang   dengan lama permainan 2x45 menit
Perpanjangan waktu 2 x 15 menit

Jika perpanjangan waktu belum ada pemenangnya, dilanjutkan adu penalti

Jika adu penalti belum juga, dilanjutkan lempar koin


Permainan ini sempat dilarang Raja Edward III karena permainannya sangat kasar dan suporternya juga ikut rusuh. Pada 1815 terjadi perkembangan besar dalam sepakbola yang mulai dikenal di berbagai daerah seluruh dunia.

Pada 1904 dibentuk organisasi FIFA( Federation International Football Association) di Swiss. 

Kompetisi resmi pertamakali diselenggarakan di Inggris dengan nama FA Cup yang sekarang masih ada setiap tahun. Kompetisi Internasional antar negara( Piala Dunia) dimulai 1930 di Uruguay

Sejarah di Indonesia

Sejarah sepakbola Indonesia dimulai ketika masih dijajah oleh Belanda, saat itu orang pribumi gabung dengan orang Belanda(non pribumi) dalam tim sepakbola.

Saat itu nama negaranya Hindi Belanda, saat itu juga Hindi Belanda berhasil 1938lolos ke Piala Dunia , walaupun kalah di putaran pertama oleh Hungaria.

Organisasi nasional di Indonesia dibentuk pada 19 April 1930 dengan nama PSSI ( Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), pertama kali berada di Yogyakarta. 


B. Dasar-dasar Sepakbola

www.RangkumanMateri1.blogspot.co.id
1. Dribbling

Source: www.Juventus.com
Saat bermain sepakbola hal paling dasar dan keterampilan utama yang harus kita miliki adalah dribbling/menggiring bola. Dribbling dalam sepakbola didefinisikan sebagai pergerakan kaki dengan bola di lapangan. 

Ketika seorang pemain sudah menguasai dirbbling dengan efektif, maka semakin tinggi konstribusi pemain di sebuah tim. Dribbling dibagi menjadi 4 cara yaitu : Dribbling dengan kaki bagian dalam, bagian luar, bagian kura-kura kaki, dan pada bagian sol sepatu.


  • Dribbling dengan kaki bagian dalam

Source : www.Juventus.com
Dribbling menggunakan sisi kaki bagian dalam memungkinkan seorang pemain untuk menggunakan sebagian besar permukaan kaki(telapak kaki) sehingga kontrol terhadap bola semakin besar. Contoh dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah seperti gambar diatas.


Dribbling seperti ini biasanya dilakukan oleh pemula, kelemahan dribbling seperti ini adalah mengurangi kecepatan pemain, tetapi baiknya dribbling seperti ini dapat memberikan perlindungan lebih terhadap bola yang akan direbut lawan,

lihat saja gambar diatas, pemain tersebut melindungi bola dari pemain dibelakangnya.

  • Dribbling dengan kaki bagian luar
Source : www.Juventus.com
Dribbling dengan kaki bagian luar merupakan step/langkah kedua bagi pemula untuk meningkatkan keterampilan dribble nya.

Dribbling ini adalah salah satu cara untuk mengontrol bola. Keterampilan mengontrol bola ini digunakan saat pemain berlari dan mendorong bola supaya bola tetap di kaki bagian luar.

Dribbling seperti ini digunakan untuk merubah arah bola atau bersiap mengoper bola kepada rekan,

Dribbling seperti ini tidak mengurangi kecepatan pemain dan justru mempercepat laju pemain saat membawa bola.

  • Dribbling dengan kura-kura kaki

Source : www.Juventus.com

Dribbling dengan kura-kura kaki hampir sama dengan dribbling menggunakan kaki bagian luar. Bedanya dribbling ini menggunakan kaki bagian tengah.(Permukaan kaki) 

Tapi kebanyakan pemula salah dalam melakukan dribbling ini, kesalahan umum yang dilakukan adalah mendribble menggunakan ujung jari kaki, sedangkan yang benar adalah dengan bagian sepatu tepat pada tempat tali sepatu

Dribbling seperti ini sangat cocok digunakan jika kalian ingin bergerak cepat. 

Kelebihan dari dribbling ini adalah memberikan permukaan yang datar pada bola dan juga dapat membuat bola belok secara menukik, hal ini dapat kita gunakan untuk menghindar dari lawan.


  • Dribbling dengan bagian sol sepatu
Dribbling ini dilakukan dengan bagian alas sepatu/sol sepatu, dribbling ini sangat mudah digunakan ketika kita ingin mengubah arah bola.

2. PASSING
Sepakbola adalah permainan tim, sehebat-hebatnya seorang pemain, ia tetap tidak akan bisa menang tanpa adanya tim.

Untuk bekerjasama dalam tim dibutuhkan passing agar dapat menciptakan permainan yang baik dan dapat mencetak gol.

Passing adalah seni memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lain. Passing paling baik menggunakan kaki, tetapi bisa juga dengan anggota tubuh lainnya.

Kenapa disebut seni ?? Karena sepakbola bukan hanya permainan tapi juga seni yang bisa dinikmati keiindahannya.

Dengan passing, kita akan lebih mudah membuka ruang untuk mencetak gol.

Passing dengan kaki dibagi 2 : Dengan kaki bagian dalam( untuk datar ), dan dengan punggung kaki ( untuk bola lambung )


  • Passing Datar(menggunakan kaki bagian dalam)



Source : www.Juventus.com
Passing datar sebenarnya bisa dilakukan dengan kaki bagian luar dan sol sepatu, tapi cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan kaki bagian dalam.

Mengapa? Karena di kaki bagian itulah permukaaan kaki lebih luas untuk menendang bola, sehingga kontrol bola lebih baik. Akibatnya passing lebih akurat dan memudahkan rekan tim kita untuk menerima bola.

Kegunaan passing ini sejatinya untuk jarak dekat, tapi juga bisa untuk jarak jauh. Resikonya jika digunakan untuk jarak jauh adalah bisa dipotong dan direbut pemain lawan, oleh karena itu jika ingin melakukan passing jarak jauh baiknya menggunakan passing lambung.


  • Passing lambung(menggunakan punggung kaki)


Source: www.Juventus.com
Kegunaannya adalah untuk melakukan passing di lapangan pada jarak yang lebih jauh, dengan cara melambungkannya.

Passing ini harus menggunakan punggung kaki dengan cara menendang bola pada bagian bawah.

3. Trapping/Kontrol bola
Source: www.Juventus.com
Trapping adalah metode mengontrol bola (Intinya tehnik menghentikan bola)

Trapping dapat dilakukan dengan kaki,paha,dan dada, trapping/kontrol juga merupakan bagian penting dalam sepakbola. Sebenarnya semua bagian tubuh bisa digunakan untuk mengontrol bola, tapi yang paling baik digunakan dengan kaki,paha, dan dada.

4. Heading
Source: www.Juventus.com
Heading adalah gerakan melompat dan menyundu bola untuk beberapa tujuan, yaitu: memberikan umpan(passing), mencetak gol(shooting) dan mengamankan bola(deffence).

5. Shooting
Source: www.Juventus.com
Tujuan utama dalam sepakbola adalah untuk melakkan shooting ke gawang lawan dan mencetak gol.

Jadi shooting adalah kemampuan menendang bola untuk mencetak gol. Umumnya shooting menggunaan kaki bagian kura-kura/tepatnya pada tali sepatu.

C. Peraturan


  • Peraturan Yang Menguntungkan
Terkadang, dalam permainan, wasit membiarkan terjadinya pelanggaran/ tetap melanjutkan permainan walaupun terjadi pelanggaran.

 Peraturan ini dilakukan karena jika pelanggaran diberikan maka akan merugikan tim yang menguasai bola/tim yang dilanggar. 

Contoh: Pemain A menendang bola ke gawang dan gol, tapi ada pemain B yang terlambat melakukan tekel sehingga tekel pemain tersebut mengenai kaki pemain A, karena hasil tendangannya gol maka wasit tidak memberikan pelanggaran. Peraturan ini disebut "peraturan yang menguntungkan"


  • Offside
Source : SportsessionPlanner.com

Offside terjadi jika seorang pemain mengoperkan bola ke arah pemain satu tim tanpa ada lebih dari satu pemain lawan yang berada di antara pemain penerima operan dan gawang lawan.


  • Hukuman Pemain
Hukuman pemain dibagi menjadi 2 yaitu: kartu kuning dan kartu merah. Kedua kartu ini bisa diberikan wasit jika pemain bertindak kasar, melakukan kesalahan serius, atau berbicara kasar.
Kartu kuning adalah sebagai peringatan, dan kartu merah adalah pengeluaran pemain dari pertandingan.

  • Throw -In ( Lemparan ke Dalam)
Source: flickr.com

Lemparan kedalam dilakukan ketika bola keluar dari garis pinggir( bukan garis dalam).

  • Tendangan bola mati

Source : Juventus.com
contoh gambar tendangan bebas

Tendangan bola mati terdiri dari tendangan sudut(corner), tendangan bebas(seperti gambar diatas), tendangan gawang dan penalti.

Tendangan bebas bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung tergantung besar dan kecilnya pelanggaran.

Tendangan bebas secara langsung dapat ditendang secara langsung oleh pemain, dan tendangan tidak langsung harus dikenai oleh pemain dahulu sebelum ditendang.

Di dalam sepakbola tendangan bola mati tidak hanya tendangan bebas tapi juga ada tendangan gawang. Tendangan gawang dilakukan jika pemain lawan terahkir menyentuh bola dan bola keluar

Direct Freekick(Tendangan bebas langsung dan Indirect Freekick(Tendangan Bebas tidak langsung )

Direct free kick diberikan kepada lawan jika pelanggaran yang dilakukan kasar dan tidak hati-hati
gambar direct free kick seperti pada gambar sebelumnya

  • Menekel
  • menabrak lawan dengan keras
  • menjatuhkan lawan
  • menendang lawan
  • meludahi lawan
  • handball secara sengaja
Indirect free kick diberikan kepada lawan jika pelanggaran tidak terlalu kasar/berat

  • kiper terlalu lama memgang bola
  • Offside
  • Mencegah kiper lawan melempar bola
Cara membedakan Direct Free kick dengan Indirect Free kick cukup mudah, yaitu jika Direct Free kick pasti ada "Pagar Manusia" sedangkan Indirect free kick tidak ada.

Pagar Manusia adalah pemain yang berjersey warna biru pada gambar diatas.

Istilah Posisi dalam Sepakbola 

1. Penjaga Gawang = Kiper = Goalkeeper

Tugasnya : menjaga gawang

2. Pemain belakang = Back 

Tugasnya : menjaga pertahanan 

3. Pemain Tengah = Midfielders

Tugasnya : Penghubung antar Lini belakang dengan Lini depan (secara umum)

mengatur permainan = Playmaker

4. Pemain Depan = Striker = Penyerang

Tugasnya : Mencetak gol 


Lapangan 


Source; Wikipedia.org

















Previous
Next Post »
18 Komentar
avatar

?? SENIQQ AGEN JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA ??
Ayo segera bergabung bersama kami di SENIDOMINOQQ.com
?????????????????????????????
Rasakan sensasinya bermain 7 permainan hanya mengunakan 1 akun/ID
Hanya dengan modal Rp20.000 kamu sudah bisa bermain permainan populer yang tersedia di seniqq
?POKER
?DOMINO
?CAPSA
?ADUQ
?BANDARQ
?B.POKER
?SAKONG
Dapatkan berbagai bonus dari seniqq
?? Bonus cashback 0.3 % (Setiap hari senin)
?? Bonus Referensi 20% (Seumur hidup)
Pelayanan yang kami sediakan di SeniQQ
24 jam customer service yang siap melayani anda
Transaksi Depo/WD super cepat
100% player VS player (No Robot)
Support Bank Lokal Indonesia (BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON)
Join Now :
- Whatsapp : +85599495433
- PIN BB : 561A1388
- LINE : seniqqcs1
- WECHAT : seniqqcs1
- Skype : Seniqq.cs1

Balas
This comment has been removed by the author. - Hapus
avatar

Artikel ini sangat membantu tugas sekolah saya. Thx ya min~

Balas
avatar

Ingin Bermain Dengan Nyaman dan Aman?
Yuk Langsung Aja Bergabung Di Website Kami Di SAHABAT303
Promo-Promo Dari Kami :
* Bonus Deposit 10% (Khusus Sportbook) Setiap Harinya
* Bonus Cashback Sport Up To 16%
* Bonus Cashback Casino 2%
* Bonus Rollingan Casino 0.7%
* Bonus Cashback SABUNG AYAM(COOKFIGHTING) Up To 10%
* Bonus Referral 2% Seumur Hidup

Minimal Deposti dan Withdraw Rp 50.000

Hubungi kami Melalui:
BBM :2BF26FEB
Line : Sahabat303
Whatsapp : +6281973146799
Wechat : Sahabat303

Balas
avatar

Terserah lu aja, hidupnya mau jadu apa si maen kartu mulu

Balas
avatar

Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
1. Proses kurang dari 1 menit
2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
6. Semua Bank Online 24 Jam
7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

Hubungi Kami Melalui :
LINE : Bandar.asia
WHATSAPP : +855 96 843 1912

Link Untuk Daftar : Mentari228.com

" Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

Balas
avatar

Fans juventus nih kayanya yg punya bloh

Balas
avatar

PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

Minimal Deposit!

=== 7 Permainan 1 USER ID ===
JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
INDOKARTU adalah web judi poker online Indonesia resmi dan terlengkap dalam memberikan permainan poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

http://www.indokartu.info/2018/07/24/cara-bermain-domino-qiu-qiu-online-indokartu/
http://www.indokartu.info/2018/07/29/cara-bermain-super-ten-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/07/30/tips-dan-trik-bermain-poker-online-di-situs-terpercaya/


Ayo daftar sekarang di indokartu.net

Balas
avatar

BOLAVITA Merupakan Situs Game Bola Online, Live Casino Dan TOGEL ONLINE TERPERCAYA Dan TERLAMA Di INDONESIA.

Permainan Yang Kami Sediakan:

* SPORTSBOOK
* LIVE CASINO
* TOGEL
* SLOT GAME
* LIVE NUMBER
* SICBO
* DRAGON TIGER
* BACCARAT
* ROULETTE
* POKER
* SABUNG AYAM
* BOLA TANGKAS
* DLL

Tentu Kami Menyediakan Promo Yang Menarik Untuk Anda Yang Bergabung Di Tempat Kita.

* BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP
* BONUS DEPOSIT SETIAP HARI
* BONUS SPORTSBOOK 10%
* CASHBACK SPORTSBOOK HINGGA 7%
* CASHBACK GAMES 10%
* BONUS TURN OVER ROLLINGAN CASINO 0,7%

Untuk Info Yang Lebih Jelas Nya Silahkan Langsung Hubungi CS Kita Yang Online 24 Jam.

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Wechat : Bolavita
WA : +6281377055002
Line : cs_bolavita
BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

Balas
avatar

DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di agen judi online yang berpangkat International, legal dan terpercaya hanya di bolazeus.biz.

Sbg Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

https://bolazeus.info/2019/01/03/bermain-judi-online-terpercaya-menggunakan-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.info/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.info/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/


Ayo daftar sekarang di bolazeus.biz

Balas
avatar

DOWNLOAD APK GOPAY SEKARANG JUGA,
DAPATKAN DEPOSIT VIA GOPAY DARI AGEN ZEUSBOLA

APABILA TIDAK MENGETAHUI CARANYA, BISA SEGERA KLIK LINK DIBAWAH INI.

http://134.209.98.69/cara-transaksi-menggunakan-gopay/

Atau Bisa Segera Menghubungi Livechat Atau Layanan Customer Service Kami Yang Tersedia.

Jangan Sampai Ketinggalan, Buruann Daftar Di Situs Zeusbola Agen Resmi Terpercaya Di Indonesia.

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp Zeusbola

Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

Deposit Via OVO


Deposit Via Pulsa


Deposit Via Go Pay


Kujungi Juga :

https://medium.com/@shellynnita88/

Balas
avatar

BISA DEPOSIT PAKAI OVO

CemePoker yaitu kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan bermacam macam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan delegasi judi poker bersama rating win tertinggi.
cemepoker menjamin 100% keamanan semua membernya berulang pemain Poker ana dipastikan 100% Player VS Player.
jangan sembarangan nantikan sagu hati menyentak setiap bulannya dan hadiah referal seangkatan pandangan hidup

https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo main sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

Balas
avatar

BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

Yang Merupakan Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man buat beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
link zeusbola

Ayo join sekarang di dewazeus.site

Balas